SELAMAT DATANG DI DESA LEGUNDI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI PROPINSI JAWA TIMUR

Artikel

Tingkatkan Pengetahuan Petani melalui Pelatihan Pembuatan Pupuk NPK Cair

21 November 2023 22:25:10  Administrator  89 Kali Dibaca  Berita Desa

legundi.desa.id- Pemerintah Desa Legundi, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menggelar pelatihan membuat pupuk NPK cair bagi anggota kelompok tani setempat. Pelatihan tersebut dilaksanakan di balai desa Legundi pada hari Senin, 20 November 2023.

Pelatihan tersebut diikuti oleh sekitar 50 anggota kelompok tani di desa Legundi. Narasumber pelatihan ini adalah Imam Bukhori, Sugiyanto dan Hari Purwanto.

Dalam pelatihan tersebut, Imam Bukhori menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam membuat pupuk NPK cair. Pupuk NPK cair merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami. 

“Pupuk NPK cair ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan pupuk kimia, yaitu lebih aman bagi manusia dan lingkungan, serta lebih efektif menyuburkan tanaman,” kata Imam Bukhori.

Imam Bukhori berharap dengan adanya pelatihan ini, petani dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan petani dan lingkungan.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan cara membuat pupuk NPK cair dengan berbagai bahan baku seperti bonggol pisang, lidah buaya, EM4, tetes dan lainnya. Peserta juga diajarkan cara menggunakan pupuk NPK cair secara tepat.

Peserta pelatihan mengaku sangat senang dengan adanya pelatihan ini. Mereka merasa mendapatkan pengetahuan baru yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian mereka.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu cara membuat pupuk NPK cair yang aman dan efektif,” kata salah satu peserta pelatihan, Sugiyanto.

Selain Imam Bukhori, narasumber pelatihan juga dihadirkan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Legundi. Mereka menyampaikan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dalam kegiatan pertanian.

Pemerintah Desa Legundi berencana untuk menggelar pelatihan membuat pupuk NPK cair secara rutin. Hal ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam menggunakan pupuk NPK cair.

Imam Bukhori mengatakan, petani dapat mengembangkan pupuk NPK cair secara mandiri. Hal ini akan membuat petani menjadi lebih mandiri dan tidak tergantung dengan pupuk kimia.

“Pupuk NPK cair ini bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Petani bisa memanfaatkan kotoran hewan, limbah pertanian, dan tanaman-tanaman tertentu,” kata Imam Bukhori.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next