SELAMAT DATANG DI DESA LEGUNDI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI PROPINSI JAWA TIMUR

Artikel

Daftar Pasangan Bakal Capres dan Cawapres Pilpres 2024, Siapa Saja?

29 Oktober 2023 22:53:15  Administrator  2.944 Kali Dibaca  Berita Nasional

Pada Minggu (22/10/2023), Ketua Umum (Ketum) Gerindra sekaligus bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto resmi mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai calon wakil presiden (cawapres)-nya. Alhasil, pasangan bakal capres dan cawapres pemilihan umum presiden (pilpres) 2024 sudah komplit.
Adapun nama-nama dari ketiga bakal pasangan capres dan cawapres di Pemilu 2024 mendatang adalah Anies Baswedan-Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Merujuk laman Pantau Pemilu dari detikNews dan arsip detikcom, berikut profil singkat dari ketiga pasangan bakal capres dan cawapres yang akan maju di pilpres 2024.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
a. Anies Baswedan

Anies Baswedan (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Sosok Anies Baswedan tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia, terlebih warga Jakarta. Pria kelahiran 1969 ini tengah maju mencalonkan diri sebagai Capres di Pilpres 2024.

Tidak heran jika Anies berani maju ke Pemilu 2024. Jika melihat riwayat pekerjaannya, ia pernah menduduki posisi tertinggi di Provinsi DKI Jakarta, yakni sebagai seorang gubernur selama periode 2017-2022.

Sebelum menjadi gubernur, lulusan S-1 Fakultas Ekonomi UGM ini juga pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Kabinet Kerja 2014-2016.

b. Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: detikcom)
Muhaimin Iskandar, atau lebih akrab disapa dengan panggilan Cak Imin, maju sebagai cawapres Anies pada Pilpres 2024 mendatang. Dirinya adalah Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang telah menjabat sejak 2005.

Rekam jejak Cak Imin di dunia politik sudah tak perlu diragukan lagi. Kariernya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bermula saat ia menjadi Ketua FPKB DPR RI pada 1999.

Pria kelahiran Jombang ini juga sempat mencatatkan namanya sebagai salah satu anggota DPR RI pada 1999-2004. Selain menjadi Ketum PKB, Cak Imin kini juga mengemban tugas sebagai Wakil Ketua DPR RI sejak 2019.

Adapun pada Pilpres 2024, Cak Imin sudah punya agenda utama apabila berhasil menang, yakni memprioritaskan penanganan lingkungan dan polusi udara.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD
a. Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo (Foto: dok. istimewa)
Bukan hanya Gubernur DKI Jakarta saja yang maju mencalonkan diri di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah, juga tak mau kalah.

Lahir di Karanganyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo merupakan mantan Gubernur Jawa Tengah. Jabatan tersebut pernah ia emban selama 2 periode, yakni pada 2013-2018 dan 2018-2023.

Mirip Cak Imin, alumnus Fakultas Hukum UGM ini juga pernah menjadi bagian dari DPR RI. Dalam kurun waktu 2010-2013, ia pernah memegang dua jabatan sekaligus, yakni Anggota Timwas Century di DPR RI dan Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI.

Pada Pilpres tahun depan, Ganjar menjadi bacapres yang diusung Partai PDI-P. Dengan Gibran yang kini maju sebagai cawapres Prabowo, Ganjar tetap optimistis bahwa Jawa Tengah tetap akan menjadi "Kandang Banteng".

"Insyallah yakin banget kalau itu, yakin banget (Jateng tetap kandang PDIP)," ujar Ganjar di kawasan M Bloc, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023)



b. Mahfud MD

Mahfud MD resmi diumumkan sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Grandyos Zafna
Dalam jalan menuju Pilpres 2024, Ganjar menggandeng Mahfud MD sebagai cawapresnya. Pria kelahiran 1957 ini juga mengisi daftar capres dan cawapres 2024 yang lulus dari UGM.

Mahfud MD sendiri adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI. Sebelum menjadi bagian dari Kabinet Indonesia Maju, alumnus UGM ini pernah menduduki posisi Ketua Mahkamah Konstitusi RI kurang lebih selama 6 tahun.

Di samping itu, dirinya juga pernah menjadi dosen jenjang S-2 dan S-3 di UII, UGM, UNS, UI, hingga Unsoed.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming
a. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto (Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir)
Kegagalan nampaknya tidak ada di kamus Prabowo Subianto. Nama mantan Komandan Komando Pasukan Khusus (Kopasus) ini kembali mewarnai Pilpres 2024.

Adalah Prabowo Subianto, Ketum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan). Sebelum dilantik menjadi Menhan, dirinya sudah 4 kali mencalonkan diri sebagai Capres.

Pencalonan pertama dilakukan pada 2004. Di pemilu berikutnya, yakni 2009, Prabowo maju kembali bersama Megawati, tetapi kalah suara dari pasangan SBY-Boediono.

Kendati sudah dua kali kalah, Prabowo masih tak pelik bertaruh keberuntungannya. Pada 2014, ia bersama Hatta Rajasa maju sebagai capres dan cawapres Pilpres 2014. Hasilnya, pasangan Jokowi-Kalla yang memenangkan Pemilu tersebut.

Tak berhenti sampai situ, pada 2019, Prabowo kembali mencalonkan diri sebagai capres, bersama Sandiaga Uno. Lagi-lagi, ia dikalahkan oleh saingan lamanya, Jokowi, yang pada Pilpres 2019 menggandeng Ma'ruf Amin.

Semangat juang Prabowo nampaknya masih belum surut. Pada pilpres yang akan datang, ia menggandeng Gibran Rakabuming untuk maju sebagai capres dan cawapres dengan visi-misi yang baru.

b. Gibran Rakabuming

Gibran Rakabuming (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)
Menjadi anak orang pertama di Indonesia tentu membuatnya dikenal oleh semua orang. Gibran Rakabuming Raka adalah putra sulung Joko Widodo yang lahir di Surakarta, 1 Oktober 1987.

Di usianya yang masih belia, lulusan Management Development Institute of Singapore ini telah dilantik menjadi Walikota Surakarta pada 2021 lalu. Kini, nama Gibran Rakabuming diumumkan sebagai pendamping Prabowo Subianto.

Dirinya memungkinkan untuk maju dalam Pilpres 2024 karena diuntungkan atas keputusan terbaru MK perihal batas usia capres dan cawapres. Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 169 huruf q, yang sebelumnya mengharuskan capres dan cawapres berusia minimal 40 tahun telah berubah menjadi

"Berusia paling rendah 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota."

Sumber: https://www.detik.com/sumut/berita/d-6998827/daftar-pasangan-bakal-capres-dan-cawapres-pilpres-2024-siapa-saja

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next