SELAMAT DATANG DI DESA LEGUNDI KECAMATAN KARANGJATI KABUPATEN NGAWI PROPINSI JAWA TIMUR

Artikel

Cegah DBD dengan 3M Plus

09 Maret 2024 11:55:20  Administrator  59 Kali Dibaca  Berita Desa

legundi.desa.id- Tim Penggerak PKK Desa Legundi mengadakan pertemuan rutin pada hari Kamis, 9 Maret 2024 di Balai Desa Legundi. Pertemuan ini dihadiri oleh seluruh pengurus PKK desa, kader PKK, kader posyandu dan lansia  Desa Legundi.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua PKK Desa Legundi. Dalam sambutannya, Kartiyah menghimbau kepada seluruh anggota PKK dan masyarakat Desa Legundi untuk menjaga kebersihan lingkungan di musim penghujan. Hal ini penting untuk mencegah penyakit yang biasa muncul di musim hujan, seperti demam berdarah dengue (DBD).

"Musim hujan adalah musim dimana penyakit mudah berkembang biak. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada seluruh warga Desa Legundi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersihkan rumah dan halaman rumah secara rutin, buang sampah pada tempatnya, dan lakukan 3M Plus untuk mencegah DBD," ujar Ibu Kartiyah.

Pada kesempatan ini, bidan desa juga memberikan penyuluhan tentang pencegahan DBD. Bidan desa menjelaskan bahwa DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Gejala DBD antara lain demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, serta ruam-ruam pada kulit.

Untuk mencegah DBD, masyarakat harus menerapkan 3M Plus, yaitu:

  • Menguras bak mandi dan tempat penampungan air lainnya secara rutin
  • Menutup rapat tempat penampungan air
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air
  • Plus, menggunakan kelambu saat tidur, memakai lotion anti nyamuk, dan memasang kawat kasa di jendela dan pintu.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next